Gibran Luncurkan 'Lapor Mas Wapres', Nostalgia Tromol Pos 5000 Zaman Soeharto

Beritaterkini.web.id Semoga senyummu selalu menghiasi hari hari dan tetap mencari ilmu. Dalam Waktu Ini aku ingin membagikan pengetahuan seputar Berita. Panduan Artikel Tentang Berita Gibran Luncurkan Lapor Mas Wapres Nostalgia Tromol Pos 5000 Zaman Soeharto Tetap fokus dan ikuti pembahasan sampe selesai.
Sudharmono: Pelopor Layanan Pengaduan Publik
Sudharmono, Wakil Presiden RI ke-5, menjabat dari 1988 hingga 1993. Ia dikenal sebagai pelopor layanan pengaduan publik melalui Tromol Pos 5000.
Layanan ini diluncurkan pada 31 Maret 1988, bertujuan untuk menjaring informasi dan laporan masyarakat tentang penyimpangan pejabat pemerintah. Masyarakat sangat antusias dengan layanan ini, terbukti dengan masuknya 12.000 surat pengaduan.
Dari 12.000 surat tersebut, 2.000 diproses dan diteruskan ke instansi terkait. Bahkan, beberapa kasus sampai ke meja pengadilan. Keberhasilan program ini membuat Tromol Pos 5000 dilanjutkan oleh Wapres Tri Sutrisno.
Gibran Rakabuming Raka: Penerus Tradisi Pengaduan Publik
Wakil Presiden RI saat ini, Gibran Rakabuming Raka, juga membuka layanan aduan langsung bernama Lapor Mas Wapres. Layanan ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat.
Layanan pengaduan publik telah menjadi tradisi di Indonesia, dimulai oleh Sudharmono dan dilanjutkan oleh Gibran. Layanan ini terbukti efektif dalam membongkar kasus-kasus manipulasi dan penyimpangan besar.
Tabel: Layanan Pengaduan Publik di Indonesia
Wapres | Layanan Pengaduan | Tahun |
---|---|---|
Sudharmono | Tromol Pos 5000 | 1988 |
Tri Sutrisno | Tromol Pos 5000 | 1993 |
Gibran Rakabuming Raka | Lapor Mas Wapres | 2024 |
Terima kasih atas kesabaran Anda membaca gibran luncurkan lapor mas wapres nostalgia tromol pos 5000 zaman soeharto dalam berita ini hingga selesai Saya harap Anda merasa tercerahkan setelah membaca artikel ini selalu bersyukur atas kesempatan dan rawat kesehatan emosional. Jika kamu merasa ini berguna Sampai jumpa lagi
✦ Tanya AI